Minggu, 24 Agustus 2014

PENGERTIAN ORGANISASI  
          Kata organisasi berasal dari bahasa Inggeris organization yang akarnya dari bahasa Latin organiz (are), kemudian bahasa Inggeris organize yang artinya membangun (membentuk) suatu kesatuan dari bagian-bagian yang berkaitan satu dengan yang lain. Dari segi organisasi bisa berarti organisme yang melakukan organizing atau keluaran (produk, output) organizing. Dalam ensiklopedi Administrasi (1981) disebutkan organisasi adalah suatu sistem usaha kerjasama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama .
Perkataan organisasi juga berasal dari bahasa Latin:organum yang berarti alat, bagian, anggota badan.
  1. James D.Mooney: organisasi adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk      mencapai suatu tujuan bersama.
  2. Herbert A.Simon: Organisasi sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan lain-lain di dalam suatu kelompok orang-orang. 
  3. Chester L.Bernard: Organisasi adalah sebagai sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu,  yang sebagian besar tentang persoalan silaturrahim.
  4. Luther Gulick: Organisasi adalah sebagai suatu alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan.
  5. Sondang P. Siagian : Setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut bawahan.
  6. Pradjudi Atmosudirdjo: Organisasi adalah stuktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja anatara sekelompok orang-orang pemegang posisi yang bekerja sama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
  7. Talcott Persons: Organisasi adalah unit sosial (atau pengelompokkan manusia) yang sengaja dibentuk dan dibentuk kembali dengan penuh pertimbangan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.
  8. Robbins S.P.: Organisasi adalah satuan sosial yang terkoordinasi secara sadar, terdiri dari dua atau lebih orang yang berfungsi atas dasar yang relatif kontinyu untuk mencapai suatu tujuan atau serangkaian tujuan-tujuan bersama.

Dari sejumlah definisi tersebut  dapat ditarik kesimp;ulan bahwa organisasi merupakan tempat terselenggarakannya administrasi yang didalamnya terdapat pola aktivitas kerja sama melalui hubungan antar individu maupun kelompok yang dilakukan secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi sebagain unsur administrasi memberi pengertian bahwa didalamnya ada suatu proses yang dimulai dari penyusunan bentuk dan pola usaha kerjasama, penggolongan kerja yang harus dijalankan, pembagian wewenang dari masing-masing pelaksana dan menentukan hubungan kerjasama yang seimbang serta tanggung jawab.

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!